Komentar : Grand Final BGBI Sctv

Posted: February 5, 2012 in Ajang Kompetisi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

image

Ajang pemilihan boyband dan girlband Indonesia telah mencapai titik puncak. Tiga team berhasil menembus grand final menyisihkan ribuan group yang diaudisi di beberapa kota besar di Indonesia. Dan penilaian dalam ajang ini menggunakan format voting sms,namun dengan fasilitas ‘hak veto’ dari dewan juri untuk menyelamatkan group yang memiliki penampilan bagus namun dengan voting sms terendah. Tidak ada yang baru memang,aturan yang sangat familiar bagi ajang-ajang di Indonesia.

Acara grandfinal dibuka oleh penampilan para mentor koreografi dari semua team. Penampilan yang bagus dan pantas dijadikan pembuka acara. Saat menyaksikan pembukaan yang apik ini penonton pasti akn berharap penampilan inti dari acara ini akan sangat memukau.
Namun sayang,penampilan para finalis yaitu Sunni,Raise,dan Sugarfree yang berkolaborasi dengan para penyanyi yaitu Ayu Ting ting,Norman Kamaru,Budi Doremi,Rossa dan 7icon kurang menggigit seperti gigitan penampilan pembuka. Saya tidak mengerti bagaimana acara ini memilih bintang tamu atau partner untuk kolaborasi para peserta,penyanyi seperti Ayu Ting ting,Norman Kamaru,dan Budi Doremi adalah penyanyi yang tidak kompatibel dengan boy/girlband. Ayu ting ting yang membawa genre modern dangdut,sudah punya warna sendiri pada vocalnya dan menurut saya bukan jenis penyanyi yang cocok untuk berkolaborasi dengan boy/girlband,membuat kesan seperti penyimpangan genre. Begitu juga dengan Budi doremi yang mengusung kesan vocal yang sederhana dan musik minimalis menjadi aneh apabila dikolaborasikan dengan boyband yang cenderung techno dan dance. Namun yang paling mencolok adalah Norman Kamaru. Dengan bermodalkan satu lagu yang dinyanyikan disetiap penampilan,saya rasa Norman tidak memiliki nilai lebih dalam bermusik.Cenderung membosankan,bahkan penampilannya bersama Budi doremi seperti penampilan yang tidak terkonsep,monoton.

Kembali ke peserta,dari tiga group terpilih ini,saya rasa Raise menjadi yang terunggul dari segi vocal. Namun Sunni dan Sugarfree juga memiliki nilai jual yang tidak kalah,hanya sedikit tertinggal dalam kualitas vocal. Dalam ajang seperti ini,menurut saya kualitas vocal adalah hal yang paling utama,selain penampilan dan koreografi. Namun mengingat koreografi dalam ajang ini diajarkan oleh para coach,jadi hal itu bisa dikesampingkan.

Secara keseluruhan acara ini berjalan mulus,tanpa kekurangan yang berarti namun juga tanpa kelebihan yang berarti,terkesan biasa dan tidak menggugah penonton untuk ikut larut dalam ajang ini. Siapapun pemenangnya saya rasa tidak akan berpengaruh,sebab yang terpenting adalah setelah ajang ini apakah mereka mampu membuktikan kualitas di tengah ajang yang sesungguhnya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s