Komentar : Indonesian Idol 2012 Tahap Audisi

Posted: March 14, 2012 in Ajang Kompetisi
Tags: , , , , , , , , ,

Ajang pencarian bakat menyanyi terbesar di Indonesia sudah memasuki tahap audis. Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah menjadi langganan ajang bergengsi ini telah diaudisi. Bahkan beberapa kota yang sebelumnya belum pernah diadakan audisiun tuk pertama kalinya diaudisi oleh tim indonesian idol melalui sistem audisi baru,bahkan sistem audisi yang pertama kali diadakan di antara semua idol di dunia,yaitu school audition dan bus audition. Sebuah gebrakan memang. Namun,kota-kota yang diaudisi dengan sistem baru tersebut masih kota-kota yang sepertinya tanpa melalui sistem baru tersebut juga bisa mengikuti audisi di kota terdekat,misalnya saja cirebon dan sukabumi. Saya mengira school audition dan bus audition tersebut akan diadakan di kota-kota yang jauh dari kota audisi. Mungkin tim idol sudah memikirkan hal itu sehingga muncullah gebrakan lainnya yaitu online audition. Namun lagi-lagi saya ada hal yang menggelitik pikiran saya,bukankah online audition akan menimbulkan banyak tindakan teknis dari para peserta,seperti merekam banyak video kemudian memilih yang terbaik,memilih sendiri videonya (pemenang ditentukan jumlah voting),dan menggunakan musik rekaman sehingga dapat menyamarkan suara yang out. Namun,kecurigaan saya terobati dengan pemenang online audition harus mengikuti audisi lagi seperti peserta lain di hadapan tiga juri.

Dengan jumlah peserta audisi sebanyak lebih dari 150.000 peserta,rasanya tidak berlebihan jika ajang ini sejatinya memang ajang terbesar tahun ini.Namun,dengan jumlah peserta sebanyak itu,apakah tidak menimbulkan suatu homogenitas atau kesamaan diantara para peserta ? Karena jumlah itu saya rasa banyak peserta yang memiliki potensi dapat tertutup karena banyaknya peserta,apalagi ini dapat menimbulkan efek bosan dan keragu-raguan bagi juri untuk menentukan mana yang terbaik diantara yang ‘sama’ ini.

Beberapa peserta memang sudah mendapat perhatian lebih bagi para penonton karena keunikan,kemampuan vokal,bahkan kejelekan mereka. Saya tidak hapal betul nama-nama penarik perhatian ini,namun beberapa saya ingat. Sebut saja pemuda penjual buah yang menyanyikan lagu Wali-Bukan Bang Toyib dengan gaya bernyanyi yang santai dan terkesan lembut mungkin,yang sukses mendapat golden ticket. Dan Prattyoda,pria berpenampilan rocker yang sukses memukau para juri dengan vokalnya yang kuat dan berkesan. Polisi Ambon yang menyanyikan lagu Judika juga memiliki vokal yang prima,menonjol dari yang lain. Namun yang menarik perhatian saya yaitu Regina yang menyanyikan lagu Adele,suara yang kuat dengan sentuhan suara Black People menurut saya merupakan peserta wanita terbaik saat ini.Juga ada kakek berusia lanjut yang mengikuti audisi dan disebut-sebut memiliki idol spirit.

Selain para peserta,para juripun tidak mau kalah memberi sensasi,Agnes Monica,Ahmad Dhani,dan Anang Hermansyah banyak memberikan aksi konyol nan mengundang tawa kepada penonton. Sebut saja tingkah Ahmad Dhani yang mengoleksi nomor handphone para peserta yang cantik,dan aksi dua juri lainnya. Namun ada hal yang kurang saya setujui dari Ahmad Dhani dan hal itu sering ia katakan hampir di setiap episode. Dhani cenderung menertawakan atau lucu apabila ada peserta pria yang apabila ditanya mengenai inspirasi bermusik menjawab penyanyi wanita. Bahkan ia menunjukkan ekspresi kurang suka apabila ada peserta pria yang menyanyikna lagu wanita. Saya bingung apa yang salah dengan hal ini ? Bukankah Ahmad Dhani sendiri pernah mengcover lagu Rihanna-Umbrella bersama Cinta Laura ? Entahlah.

Namun,secara keseluruhan saya mersa sangat terhibur dan senang dengan adanya ajang Indonesian Idol inisetidaknya kita diberi suguhan mengenai sebuah kompetisi besarkhususnya dalam bidang vokal. Namun apakah ajang ini akan terus memikat hati penonton dan benar-benar memberi suguhan berkualitas bagi para penikmatnya ? Kita tunggu saja ajang yang pada tanggal 16 Maret ini akan memasuki babak eliminasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s