Yeah ! Indonesian Idol telah memasuki babak spektakuler atau Top 12. Malam ini merupakan spektakuler show pertama bagi para finalis idol tahun ini.Anang Hermansyah,Agnes Monica,dan Ahmad Dhani akan kembali menyaring para finalis menjadi 11 besar. Dan pada penampilan spekta perdana mereka ini,mereka membawakan lagu yang tidak tematik atau dengan kata lain tidak ada tema tertentu yang harus dinyanyikan para finalis seperti di American Idol. Berikut review dan komentar penampilan mereka.


Rosa – Kamu yang Pertama

Menjadi penampil pertama di spektakuler show pertama merupakan tantangan sendiri bagi Rosa. Hal ini menjadi tidak optimal ketika lagu yang dipilih ternyata tidak spektakuler menurut para juri,Rosa tetap tampil santai dengan penguasaan panggung yang ringan.

Ahmad Dhani : malam ini kamu tampil aman aja.

Febry – Masih Cinta

Febry tampil tidak seperti biasa,ia mencoba menyanyikan lagu ini dengan penuh penghayatan (walaupun saya sedikit terganggu dengan beberapa gerak tubuhnya) . Namun penampilannya tidak terlalu buruk,namun juga tidak begitu memukau. Setidaknya ia menampilkan yang lebih baik dari sebelumnya.

Anang : kamu menyanyikan lagu ini dengan luar biasa.

Kanza – Price Tag

Pengganti Hendrianto di babak Top 15,Kanza tidak berlebihan dalam membuktikan hal itu. Tetap tampil dengan simplicity yang menjadi karakternya,namun kesederhanaannya tersebut seolah menjadi bumerang bagi dirinya sehingga lagu tersebut dieksekusi dengan kurang baik oleh Kanza.

Agnes Monica : pada saat latihan kamu lebih bagus.

Rio – Sahabat Jadi Cinta

Memiliki kemampuan yang baik dalam menyanyikan lagu slow tidak membuat Rio sukses menyanyikan lagu uptempo. Ini yang terjadi dengan penampilan spektakuler perdananya. Dengan gerak tubuh yang saya rasa kurang perlu,penampilannya seperti melupakan kompetisi.

Anang : lagu ini tantangan untuk kamu.

Ivan – Jaga Hatimu

Memiliki penampilan yang good looking tidak menjamin kualitas suara yang good juga.Pada saat menyanyikan lagu ini,menurut saya tidak ada yang istimewa bahkan tidak begitu jauh dari penyanyi aslinya. Namun tidak terlalu buruk.

Anang : ternyata kamu gak modal tampang aja.

Dera – I Love You

Finalis yang selalu membawakan hadiah untuk para juri ini tampil membawakan salah satu lagu milik Dewi Sandra. Dengan gaya cueknya yang khas,sedikit mengingatkan akan Dara personil The Virgin,saya bingung mengapa Agnes Monica menjadikannya sebagai salah satu favorit dalam ajang ini. Penampilan yang lumayan saya rasa.

Anang : lebih baik dari minggu lalu.

Yoda – Menghujam Jantungku

Bergaya bak seorang rocker tidak menjamin m,eiliki suara dengan kualitas rock dan hentakan khas rock yang baik. Setidaknya Yoda membuat dirinya tampak keras dengan penguasaan panggung yang sedikit kjontras dengan musik yang ia bawakan. Kurang rock atau bahkan bukan rock. Pilihan lagu yang membingungkan.

Ahmad Dhani : kemarin saya belum puas,yang sekarang saya juga belum puas.

Belinda – Cinta Pertama dan Terakhir

Salah satu yang terbaik dalam ajang ini menurut Agnes Monica,tampil dengan lagu pop namun diisi dengan nuansa rock membuat Belinda mendapat tanggapan positif dari para juri. Sedikit bermasalah dengan lirik di bagian awal namun tidak membuat hal tersebut menjadi fatal.

Anang :  kamu berhasil menaklukkan panggung ini jadi milik kamu.

Sandy – Empat Mata

Bernyanyi di jalanan dengan bernyanyi di panggung Indonesian Idol tampaknya membuat Sandy harus lebih banyak belajar untuk menampilkan kualitas yang memukau. Tidak buruk memang,namun juga tidak berkesan. Pilihan lagu yang kurang tepat dan cenderung mudah dilupakan.

Agnes Monica : secara general kamu bagus,tapi untuk jadi juara kamu harus lebih dari sekedar lumayan.

Dion – I Love You Bibeh

Setelah bebrapa nama di ajang Indonesian Idol sebelumnya yang mengusung konsep jazz,kali ini Dion tampil dengan konsep yang sama,hanya saja lebih bersifat bercerita dan mengandalkan gerak tubuh yang menurut saya kadang berlebihan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,finalis yang mengusung konsep jazzy akan mudah disukai oleh para juri.

Agnes Monica : karakter kamu bisa kamu bawa saat kamu bikin album nanti.

Regina – Tertatih

Dalam tradisi Idol,biasanya akan ada satu finalis yang tampil memukau sejak dalam tahap audisi. Kali ini finalis tersebut adalah Regina,sosok yang banyak disebut-sebut mirip dengan Adele,namun versi Indonesia. Menyanyikan lagu ini sekaligus membuat Regina membuktikan bahwa kualitas suaranya lebih dari sekedar bagus.

Agnes Monica : ini contoh penyanyi yang punya suara dan teknik bagus serta kedewasaan dalam bernyanyi.

Sean – Firework

Finalis termuda pada Indonesian Idol tahun ini. Memanfaatkan status mudanya dengan menyanyikan lagu Firework merupakan pilihan yang tepat untuk Sean. Mendapat komentar positif dari para juri,namun saya tidak menemukan cover yang spesial dalam lagu ini.

Ahmad Dhani : I think you’re the best performer tonight.

RESULT SHOW :

Bottom three : Rosa,Kanza,dan Sandy

Yang tereliminasi : Kanza

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s