Komentar : Indonesian Idol 2012

Posted: February 9, 2012 in Ajang Kompetisi
Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Indonesian Idol kembali lagi ! Setelah tidak muncul di tahun 2011,tahun ini,2012,ajang pencarian penyanyi berbakat ini kembali unjuk diri. Masih dengan sistem yang sama,diawali dengan audisi dibeberapa kota besar di Indonesia seperti, Jakarta,Bandung,Yogyakarta,Surabaya,Manado,Palembang,dan lainnya. Ajang bergengsi ini berhasil membius ribuan peserta dengan antusias tinggi untuk mendaftarkan diri. Namun ada sedikit perbedaan pada Indonesian Idol tahun ini,yaitu adanya audisi online. Peserta diperbolehkan audisi denganncara mengirimkan video aksi bernyanyi mereka ke pihak Indonesian Idol. Terdengar menarik,namun siapa yang tahu apakah ajang ini nantinya semenarik berita yang tersiar saat ini ?

Tidak hanya para peserta yang antusias dan tertarik. Para juripun sudah sangat siap untuk mencari the best of next Indonesian Idol. Anang Hermansyah,Agnes Monica,ditambah satu juri baru yang menggantikan posisi Erwin Gutawa,yaitu Ahmad Dhani,mengaku siap melancarkan komentar-komentarnya kepada para peserta. Anang Hermansyah yang merupakan seorang musisi Indonesia,dianggap pantas menjadi juri ajang ini karena sudah berhasil menetaskan nama-nama beken tanah air,sebut saja Krisdayanti,Syahrini,dan Ashanty. Dengan gaya berkomentar yang cenderung menusuk,Anang sering menjadi ‘musuh’ bagi para peserta.Kelemahan dari Anang sendiri adalah kurang menyukai gaya bernyanyi yang powerful,entah kenapa,namun hal ini sering ditunjukknanya secara tidak langsung pada Indonesian Idol sebelumnya. Sementara Agnes Monica,penyanyi solo wanita terbaik menurut AMI 2011 ini mengaku sudah punya jagoan pada ajang ini. Berbeda dengan Anang,Agnes lebih dianggap sebagai ‘sahabat’ para peserta karena gaya berkomentarnya yang seperti layaknya teman.Disinilah letak kelemahan komentar Agnes Monica,yaitu kurang kristis dan terkesan cenderung takut menilai peserta lebih jauh. Ahmad Dhani, yang sukses dengan ciptaan-ciptaannya seperti Mulan Jameelah,The Virgin,TRIAD,The Rock,akan memulai debutnya berkomentar tahun ini,walaupun sebelumnya dia sudah pernah menjadi juri di beberapa talent show. Hal yang ditunjukkan dari gaya bermusik Ahmad Dhani sangatlah jelas,perhatikan saja band,penyanyi atau group ciptaannya,memiliki warna yang sama. Bahkan sulit dibedakan secara musikalitas,kecuali diperhatikan dengan detail. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap penilaiannya kelak terhadap para peserta,karena para peserta Indonesian Idol pasti akan membawa warna musik yang beragam.

Namun,saya hanya ingin mengingatkan bahwa ajang ini memilih pemenang berdasarkan polling sms. Jadi komentar-komentar juri apakah ada artinya ? Mungkin sebagai referensi bagi siapa saja yang ingin memilih agar tida terjebak dalam piluhan yang salah. saya merasa sangat lucu ketika banyak para pemilih yang cenderung memilih para peserta bukan dari kualitas suara,itu yang kebanyakan terjadi pada talent show di Indonesia. Wajah,penampilan,kisah hidup,menjadi faktor yang tidak terbantahkan dalam penilaian para pemilih di Indonesia.,sehingga biasanya peserta yang meiliki kualitas cukup baik akan cepat terlempar dari kompetisi. Namun apakah hal semacam itu akan terjadi di Indonesian Idol 2012 ? Mungkin saja,namun mungkin juga tidak.

Kelemahan dari sebuah talent show di Indonesia adalah setelah talent show tersebut berakhir,lihat saja pemenang Indonesian Idol season 1,2,dan seterusnya,dari 12 peserta dalam setiap tahun,paling hanya menghasilkan satu atau dua peserta yang bertahan di industri musik,itupun dengan sinar yang tidak begitu terang. Sepertinya tantangan bagi Indonesian Idol tahun ini tidak hanya dalam proses pemilihan the  next Indonesian Idol saja,tetapi bagaimana  melempar pemenang kelak ke masyarakat dengan baik,sehingga tetap bersinar dan mampu bersaing dengan penyanyi-penyanyi papan atas Indonesia lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s